cover
Contact Name
Radja Erland Hamzah
Contact Email
radjaerland@dsn.moestopo.ac.id
Phone
+6282137118246
Journal Mail Official
dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Editorial Address
Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi aims to encourage research in communication studies.
Articles 70 Documents
STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS DESIGN THINKING PADA KEGIATAN PYP (PRIMARY YEARS PROGRAMME) EXHIBITION SEKOLAH CIKAL, JAKARTA Donny Dharmawan; Rudy Harjanto; Hendri Prasetya
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 10, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v10i1.4304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi dan kendala yang dihadapi terkait implementasi strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP (Primary Years Programme) Exhibition (Studi Kasus : Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini meneliti strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP untuk diperoleh pemahaman proses komunikasi guru kepada siswa agar Siswa Kelas 6 berpikir induktif secara mendalam, dengan catatan lapangan, wawancara, terstruktur, mendalam. Hasil Penelitian didapat implementasi strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP (Primary Years Programme) Exhibition yang telah diterapkan guru sudah baik dimana guru sebagai komunikator telah memiliki komponen-komponen penting dalam komunikasi pembelajaran yaitu Credibility sebagai teman untuk berdiskusi; Capability dalam kecakapan berkomunikasi, penyampaian instruksi yang jelas dimengerti; Clarity yang menekankan pada kejelasan dan ketepatan ucapan; Symphaty yang memadukan ketulusan, kesabaran dan kegembiraan; Enthusiasity saat berkomunikasi penting sehingga siswa merasa ikut bersemangat mengikuti instruksi. Pesan yang disampaikan guru dengan mengarahkan pada metode Design thinking dimana siswa memikirkan menyelesaikan masalah dengan kolaborasi proses proses sistematis yang berpusat pada manusia (human centered) melalui rencana yang bertahap sudah terrencana dengan baik. Media yang digunakan disesuaikan dengan produk yang dihasilkan dari project siswa. Peneriman pesan dalam hal ini siswa aktif menikmati pembelajaran dan kecintaan terhadap pembelajaran ini dipertahankan sepanjang hidup mereka, berpengetahuan luas serta pemikir. Efek yang didapatkan antara lain yaitu efek kognitif; efek Afektif, serta efek konatif. Untuk kendala yang dihadapi antara lain kendala teknis dalam pencarian data, kendala siswa dengan daya pikir yang belum berkembang, emosional dan antuasiasme yang naik turun mempengaruhi keberlanjutan project mereka.
STRATEGI HUMAS PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN MINAT WISATA DI KABUPATEN SUMENEP PADA MASA PANDEMI COVID 19 Asip Irama; Hadiati Hadiati; Prasetya Yoga Santoso3
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v9i1.4278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas pemerintah dalam membangun minat wisata di Kabupaten Sumenep selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan yang dipilih terdiri dari informan kunci, seperti Bupati, Kepala Dinas, dan pengelola media sosial. Peran humas pemerintah yang bertugas membangun minat wisata ialah berada di bawah tanggungjawab Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga. Kabupaten Sumenep sendiri sejak tahun 2018 telah membentuk program Visit Sumenep untuk membangun sektor pariwisata. Namun, sejak pandemi Covid-19 program tersebut tidak berjalan maksimal. Penelitian ini juga menemukan bahwa berbagai strategi humas pemerintah telah diterapkan dalam membangun minat wisata di Kabupaten Sumenep. Di antara strategi tersebut ialah, penggunaan instrumen media sosial, penyelenggaraan even atau festival wisata, kerjasama dengan POKDAWIS dalam membangun citra dan reputasi destinasi wisata. Namun, demikian, strategi tersebut masih terapat beberapa kendala yang perlu menjadi catatan bagi humas pemerintah dalam mengelola informasi dan komunikasi di sektor pariwisata Kabupaten Sumenep. Sejak pandemi Covid-19, instrumen komunikasi untuk mempromosikan objek wisata di Kabupaten Sumenep kurang maksimal. 
PEMANFAATAN PROGRAM E-LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DIVISI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH Catherine Nada
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v8i1.2106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan program E-learning di era pandemi Covid-19 oleh divisi humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan Metode studi kasus.  Teknik pengumpulan  data melalui wawancara mendalam, observasi, dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mendata para pelaku UMKM yang terkena dampak usahanya di era pandemi Covid-19, lalu merencanakan pertemuan dengan Zoom Meeting terkait program E-Learning dan mengambil keputusan bersama Bapak Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Kemudian, Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mempublikasikan program E-Learning melalui social media dan Website resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Evaluasi dapat dilihat dari jumlah like, comment, dan repost postingan yang ada. pemanfaatan program E-Learning di era pandemi Covid-19 sudah berjalan dengan baik, dan program E-Learning dapat dimanfaatkan sebagai inovasi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di masa mendatang. Kata Kunci :   
STRATEGI KOMUNIKASI KPPIP DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF Sari, Yunita; Ali, Ali
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v7i1.1363

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Dalam Membangun Citra Positif. 2) Untuk mengetahui taktik yang diterapkan KPPIP Dalam Membangun Citra Positif. 3) Untuk mengetahui hambatan dalam menerapkan Strategi Komunikasi KPPIP Dalam Membangun Citra Positif. Metode penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara mendalam. Narasumber penelitian sebanyak tiga orang. Analisis data secara kualitatif. Metode analisis data kualitatif menggunakan konsep Miles dan Huberman.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi KPPIP dalam membangun citra positif yakni pertama, membangun relationship dengan stakeholder. Kedua, membangun hubungan baik dengan media massa. Ketiga, membangun hubungan baik dengan publik eksternal. Taktik yang digunakan seperti membentuk agenda media, menyiapkan data-data yang berkaitan dengan infrastruktur, menyebarluaskan informasi positif seputar capaian pembangunan. Kemudian, hambatan yang ditemukan seperti warga yang lahannya terkena penggusuran mendapatkan informasi yang negatif sehingga memiliki persepsi negatif pada KPPIP. Lalu, diantara lembaga Kementeriaan masih terjadi ego sektoral. Terakhir masalah keterbatasan anggaran untuk kegiatan sosialisasi dan penyelenggaraan event.
PENCARIAN STRATEGI KEHUMASAN PENANGANAN COVID-19 DAN PENERAPANNYA DI KALANGAN WARGA DENGAN KETIDAKPERCAYAAN PADA PEMERINTAH (POLITICAL DISTRUST) DI KECAMATAN GARUT KOTA Muhammad Kurnia; Sunarto Sunarto; Prasetya Yoga Santoso
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v9i2.4286

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui strategi Humas Kabupaten Garut dalam Menangani Covid-19. 2) mengetahui kendala yang dihadapi Humas Kabupaten Garut dalam penerapan strategi menganai Covid-19Penelitian ini menggunakan teori konsep Pendekatan Strategi Humas. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara sebagai alat untuk pengumpulan data.Hasil penelitian diketahui Public Relation kecamatan Garut Kota dalam mengatasi Covid-19 melalui pendekatan kemasyarakatan dengan cara melakukan komunikasi langsung bersama jajaran Satgas Covid-19 serta melibatkan ketua RW, ketua RT dan eleman masyarakat. Public Relation kecamatan Garut Kota juga memanfaatkan media sosial seperti WA, Instagram, facebook untuk menyebarluaskan pesan kebijakan Covid-19 kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak memiliki media sosial dapat memperoleh pesan protokol kesehatan melalui media cetak yang ditempatkan di kantor kecamatan, tempat ibadah, tempat-tempat umum yang strategis yang dapat dilihat oleh masyarakat. Kendala Public Relation kecamatan Garut Kota dalam mengatasi Covid-19 terdiri dari kendala internal dan eksternal. Kendala internal yaitu keterbatasan Sumber Daya Manusia. Kendala eksternal berupa minimnya tingkat kepatuhan masyarakat untuk disiplin dan tertib mematuhi protokol kesehatan.
MANAJEMEN KOMUNIKASI KELUARGA INTI (Studi fenomenologi Keluarga dengan Usia Pernikahan 20 tahun lebih) Sari, Yunita
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v8i2.4067

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen komunikasi dan  pola komunikasi pada keluarga inti, yang telah menikah selama 20 tahun lebih. Teori yang digunakan adalah Teori Adaptasi  Interaksi, Teori Kompetensi Komunikasi, Manajemen Koordinasi Makna, Teori Percakapan kelompok, dan Teori Interaksionisme Simbolik. Pendekatan kualitatif dengan metode  fenomenologi,  teknik  pengumpulan  data  melalui  wawancara  keluarga  FH,  yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Teknik analisis data fenomenologi. Kesimpulannya, Manajemen komunikasi keluarga yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu ”FH”, yaitu dengan tetap menjaga komunikasi dan interaksi yang harmonis antara anggota keluarga. Mengelola proses, fungsi, dan media, serta frekuensi   komunikasi agar komunikasi tetap terjalin baik. Menyamakan persepsi untuk meminimalisir hambatan dan konflik antara anggota keluarga, sehingga tercapai tujuan komunikasi yang dilakukan, dengan berpegang teguh pada norma agama. Terbentuk pola komunikasi tipe bintang, yaitu setiap partisipan mendapatkan semua jenis pesan yang sama, dimana setiap partisipan juga saling terlibat aktif dalam interaksi. Manajemen komunikasi ini cenderung tidak teratur karena masing-masing bisa berinteraksi dengan bebas.
MANAJEMEN KOMUNIKASI AKUN INSTRAGRAM @GENPI_ID DI DALAM MELIBATKAN GENERASI MILENIAL UNTUK MEMVIRALKAN DESTINASI WISATA DI INDONESIA Mediana Handayani
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v8i1.2093

Abstract

Guna mengembangkan industri pariwisata Indonesia, pemerintah telah mengambil langkah sebagai aktualisasi dari dinamika generasi dan teknologi dengan membentuk GENPI atau Generasi Pesona Indonesia yang direalisasikan pada 2016 silam. Dilibatkannya generasi milenial ternyata tidak begitu saja dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh industri pariwisata Indonesia. Masih ada tantangan yang belum terjawab, seperti bagaimana agar tujuan pariwisata di Indonesia menjadi viral. Untuk itu peneliti menggunakan The Circular Model of SOME yang digagas oleh Regina Lutrell untuk mengetahui bagaimana akun @genpi_id bisa digunakan untuk memviralkan destinasi wisata Indonesia di kalagan generasi milenial. Penelitian deskriptif kualitatif ini menemukan bahwa aktivitas komunikasi @genpi_id pada aspek Share menurut peneliti kurang maksimal karena ruang yang dijangkau oleh Genpi untuk menyampaikan pesan komunikasinya masih terlalu sempit. Kedua, aktivitas komunikasi @genpi_id pada aspek Optimize kurang maksimal. Rencana komunikasi yang kuat seharusnya mampu mengoptimalkan konten akun Genpi dalam menghasilkan dampak maksimal dari pengiriman pesan, merek, dan nilai. Namun sepertinya Genpi gagal memanfaatkan peluang untuk menciptakan koneksi dengan industri pendukung pariwisata. Ketiga, aktivitas komunikasi @genpi_id pada aspek Manage juga masih kurang. Untuk komunitas yang sifatnya adalah sukarela mengelola konten akun dengan maksimal seolah tidak dijadikan prioritas. Keempat, aktivitas komunikasi @genpi_id pada aspek Engagement adalah aktivitas yang paling dianggap kurang maksimal. CTA (call to action) yang dilakukan oleh Genpi dalam unggahannya sehingga fase engagement tidak terlalu berhasil. 
STRATEGI KOMUNIKASI PT ANGKASA PURA I DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK MENGGUNAKAN JASA PENERBANGAN MELALUI KAMPANYE ‘TERBANG LAGI’ Arso Pranoto Nugroho; Sunarto Sunarto; Hendri Prasetya
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 10, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v10i1.4305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan PT Angkasa Pura I dalam membangun membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam pelaksanaan kampanye 'Terbang Lagi'. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui key message serta pemilihan media yang digunakan dalam membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan udara.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, untuk memberikan informasi dengan mendalam, detail, intensif, holistik, dan sistematis tentang kejadian.. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam  membangun kepercayaan publik melalui kampanye 'Terbang Lagi', PT Angkasa Pura I menyampaikan pesan informasi (key message) yang mampu menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19, yaitu dengan menciptakan rasa aman, nyaman, dan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara. Dalam penyampaian informasi tersebut, PT Angkasa Pura I membaginya ke dalam tiga kegiatan, yaitu publikasi melalui pemberitaan, community engagement, dan penggunaan media sosial. Masing-masing aktivitas tersebut memiliki taktik yang berbeda-beda dalam membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan di masa pandemi Covid-19.
POLA KOMUNIKASI SEKRETARIAT JENDERAL MPR RI DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PENYELENGGARAAN SIDANG TAHUNAN MPR RI TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID – 19 Enita Adelita; Novita Damayanti; Retno Intani
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v9i1.4279

Abstract

Komunikasi memegang peranan penting untuk mendukung terselenggaranya Sidang Tahunan MPR – RI tahun 2020 pada masa pandemi Covid – 19. Maksud dan tujuan penelitian ini untuk menunjukkan pentingnya komunikasi yang digunakan Sekretariat Jenderal MPR – RI untuk mendukung terselenggaranya Sidang Tahunan MPR – RI tahun 2020 pada masa pandemi Covid – 19. Penelitian menggunakan teori Komunikasi dalam Organisasi, Pola Komunikasi dan Teori CMC. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara sebagai alat untuk pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa keberhasilan penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 Pada Masa Pandemi Covid – 19 oleh Sekretariat Jenderal MPR RI dari mulai persiapan sampai pelaksaaan sidang melibatkan proses komunikasi secara verbal dan non verbal, formal dan informal dan pihak internal dan eksternal organisasi. Adapun pola komunikasi selama persiapan dan pelaksanaan sidang berlangsung secara satu arah dan dua arah.
ANALISIS KONTEN VIDEO PENDEK INSTAGRAM REELS BINTANG EMON ‘JOMPO ADALAH KITA’ Duma Oktalia Purba
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32509/dinamika.v8i2.4063

Abstract

Dikaji dengan menggunakan gagasan semiotika Roland Barthes, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa mitos yang terkandung dalam konten ‘Jompo adalah kita’ dan mengetahui bagaimana mitos tersebut dikonstruksikan, dengan mencari tahu apa makna denotasi dan konotasi dari keseluruhan tanda pada setiap adegan. Denotasi adalah makna sesungguhnya, sedangkan konotasi adalah makna yang baru. Mitos dalam teori semiotika Roland Barthes adalah makna yang dipaksakan untuk dapat diterima sebagai sesuatu yang wajar. Penelitian ini mengambil delapan adegan sebagai objek penelitian yang ingin diketahui mitosnya. Untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi, terdapat tanda-tanda berupa mise-en-scene, verbal, dan non-verbal yang dianalisa. Menggunakan teori semiotika Roland Barthes, hasil penelitian pada konten tersebut menunjukkan bahwa terdapat mitos atau makna yang dipaksakan oleh Bintang Emon kepada khalayak yaitu generasi Z adalah generasi lemah. Mitos ini dikonstruksikan dari hasil pemaknaan denotasi dan konotasi terhadap objek penelitian. Diketahui terdapat konotasi negatif terhadap generasi Z sehingga memunculkan mitos generasi Z adalah generasi lemah. Disebut lemah karena sebagai anak muda, generasi Z justru terlihat seperti orang yang sudah jompo karena sering sakit dan lemah fisiknya.