Pesatnya teknologi berpengaruh besar dalam perubahan metode pembelajaran di dunia pendidikan, baik pendidikan tingkat dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara online yang memungkinkan guru atau dosen dapat berinteraksi dengan siswa melalui antarmuka interaktif. Akan tetapi tidak semua orang yang terlibat pada dunia pendidikan menerima teknologi Leraning Management system (LMS). Dari berbagai faktor penyebab rendahnya penerimaan teknologi LMS oleh target pengguna, faktor kemudahan penggunaan (Perceived Easy of Use atau Usability) merupakan salah satu faktor dominan yang mendorong atau mencegah seseorang menggunakan sebuah Leraning Management system (LMS) secara sukarela dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan menganalisa keterkaitan aspek kognitif dan afektif dengan desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS). Hasil dari penelitian menujukan bahwa desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS) berpengaruh terhadap afektif pengguna dan afektif memepengaruhi sikap pengguna untuk menggunakan Leraning Management system (LMS).
Copyrights © 2024