Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol 12, No 3 (2024)

ANALISA PENGARUH KOMPONEN DESAIN UI/UX KONTEN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP COGNITIF DAN AFEKTIF PENGGUNA

Taufiq Agung Cahyono (Universitas Bhinneka PGRI)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Pesatnya teknologi berpengaruh besar dalam perubahan metode pembelajaran di dunia pendidikan, baik pendidikan tingkat dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara online yang memungkinkan guru atau dosen dapat berinteraksi dengan siswa melalui antarmuka interaktif.  Akan tetapi tidak semua orang yang terlibat pada dunia pendidikan menerima teknologi Leraning Management system (LMS). Dari berbagai faktor penyebab rendahnya penerimaan teknologi LMS oleh target pengguna, faktor kemudahan penggunaan (Perceived Easy of Use atau Usability) merupakan salah satu faktor dominan yang mendorong atau mencegah seseorang menggunakan sebuah Leraning Management system (LMS) secara sukarela dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan menganalisa keterkaitan aspek kognitif dan afektif dengan desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS). Hasil dari penelitian menujukan bahwa desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS) berpengaruh terhadap afektif pengguna dan afektif memepengaruhi sikap pengguna untuk menggunakan Leraning Management system (LMS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...