El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah
Vol 8 No 1 (2024): AL ARBAH JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN PERBANKAN SYARIAH

PENGARUH KETAATAN PADA PERATURAN HUKUM SYARIAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH

Muhammad Rafly Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Kualitas layanan merupakan totalitas fitur dan karakteristik produk atau layanan yang mengandalkan kemampuannya untuk memuaskan atau menyiratkan kebutuhan pelanggan. Kualitas layanan perbankan syariah berbeda dengan pelayanan yang diberikan oleh perbankan konvesional. Kualitas layanan yang diberikan mengikuti ketentuan-ketentuan syariah islam khususnya menyangkut tata cara bermuamalat secara Islam. Pelayanan yang diberikan sesuai dengan hukum dan prinsip Islam, tidak ada bunga yang diambil atau diberikan pada produk pembiayaan ataupun tabungan, tetapi menggunakan ketentuan bagi hasil. Penelitian ini dilakukan pada nasabah bank BNI Syariah di Semarang dengan responden sejumlah 120 orang. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa secara signifikan variabel kepercayaan dan nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Akan tetapi kualitas layanan yang diukur dengan kualitas fungsional dan kualitas teknikal tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alarbah

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

FOCUS. Jurnal El Arbah is focused on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to Economic and Bussines. The main objective of Jurnal El Arbah is to provide a platform for the international scholars, academicians, and researchers to ...