Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendemi Covid 19 yang membuat perubahan besar dalam berbagai hal salah satunya pada aspek pendidikan mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi termasuk pembelajaran baik di kelas maupaun praktikum di laboratorium, salah satunya pada mata kuliah Keperawatan Dasar di STIKes Karsa Husada Garut yang mengalami pergesaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring untuk mencapai kompetensi mahasiswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar pengetahuan keterampilan mahasiswa untuk mencapai kompetensi pada mata kuliah keperawatan Dasar dan apakah live streaming “mini laboratorium” efektif dalam meningkatkan pengetahuan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di STIKes Karsa Husada Garut pada semester genap dengan populasi mahasiswa D3 Keperawatan yang sedang mengampu mata kuliah Keperawatan Dasar sebanyak 132 mahasiswa dengan teknik total sampling, sedangkan yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 102 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif untuk bisa mengungkapkan seberapa besar efektivitas live streaming “mini laboratorium” terhadap pencapain kompetensi mahasiswa, dan instrument yang akan diberikan di dalam penelitian ini berupa SOP tindakan keperawatan serta media streaming. Hasil penelitian menunjukan belajar pembelajaran dengan cara live streaming di laboratorium efektif meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam mencapai target kompetensi mata kuliah keperawatan dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022