JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 1, No 2 (2016): JURNAL PEKAN

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERGESERAN NILAI DAN NORMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SINTANG

Suparno Suparno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikn pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang belum memahami. (2) Faktor penyebab terjadinya pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal berupa kepribadian siswa yang masih labil dan faktor eksternal berupa arus informasi, baik dari televisi maupun internet. Kata Kunci: Pergeseran Nilai dan Norma.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PEKAN

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Persada Khatulistwa. Terbit 2 kali setahun (April dan Nopember). E-ISSN: 2540-8038. Jurnal ini yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan ...