Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Karya Gamon sebagai Kreativitas Mahasiswa Dalam Merespons Fenomena Sosial di Kalangan Remaja

Lestari, Goesthy Ayu Mariana Devi (Unknown)
Ningsih, Lora Gustia (Unknown)
Erviana, Vina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Kreativitas dapat dilakukan untuk mewujudkan sesuatu produk. Salah satu produk yang dihasilkan berupa produk karya dengan merespon fenomena sosial di kalangan remaja salah satunya yaitu fenomena percintaan. Hal yang menarik adalah fakta bahwa banyak individu mengalami gagal move on, istilah remaja saat ini, atau ketidakmampuan pindah ke lain hati, bahkan setelah putus cinta atau berpisah dari orang yang pernah dekat dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa dalam merespon fenomena sosial. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Kreativitas mahasiswa merespon fenomena sosial gagal move on melewati tahapan pra produksi, produksi, pasca produksi teori Latief & Utud dalam penggarapan pertunjukan yang berkolaborasi dengan teknik proyeksi pada mata kuliah Video Mapping. Tahap pra produksi menentukan tema dari lagu dengan judul “Lovely” oleh Billie Eilish ft Khalid. Animasi diedit menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro. Penari yang dipilih yaitu 1 penari perempuan dan 1 penari laki-laki. Tahap produksi menyusun animasi sesuai dengan konsep percintaan. Tahap pasca produksi, final editing mengekspor video resolusi 1080p (HD). Gerak penari disesuaikan dengan proyeksi video animasi, diposisikan secara berpindah baik di depan dan belakang layar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...