Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Pengaruh Pengalaman Belanja, Customer Review Online dan Layanan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee di Kota Batam

Syahyudi, Riki (Unknown)
Wasiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Salah satu penggunaan internet yang lazim saat ini dalam bisnis adalah penerapan e-commerce. E-commerce (perdagangan elektronik) terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Saat ini, Shopee menjadi marketplace e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Metodologi yang dipilih adalah metodologi kuantitatif dengan tujuan utama menguji hipotesis yang ditetapkan sebelumnya menggunakan sampel dan populasi tertentu. Ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel Pengalaman Belanja (X1) dan Kepuasan Pelanggan (Y), karena nilai t lebih besar dari nilai t-tabel (2,317 > 1,9719) dan nilai signifikansi adalah 0,022 < 0,05. Ulasan Pelanggan Online (X2) juga mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y), karena nilai t lebih kecil dari nilai t-tabel (0,215 < 2,0395) dan nilai signifikansi adalah 0,830 > 0,05. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Delivery Service (X3) dan Customer Satisfaction (Y), karena t-value lebih besar dari nilai t-table (10,416 > 1,9719) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengalaman berbelanja yang positif secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan. Ulasan pelanggan online berperan dalam membangun kepercayaan dan pengaruh, sehingga berdampak positif pada kepuasan pelanggan. Layanan pengiriman yang cepat dan andal juga merupakan faktor kunci dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...