Dalam sebuah instansi tidak akan berjalan apabila tidak ada pegawai didalamnya, pegawai merupakan orang yang melakukan kegiatan di dalam sebuah instansi atau organisasi. Dengan pegawai yang berkualitas akan menghasilkan hasil kerja yang baik pula. Apalagi diinstansi kesehatan yang berhubungan dengan masyarakat didalamnya, pegawai yang berkulaitas akan melayani masyarakat dengan baik. Tentu masyarakat menginginkan pelayanan yang memuaskan apalagi berhubungan dengan kesehatan, dengan kondisi tubuh sehat mampu melaksanakan kegiatan atau rutinitas kegiatan sehari–hari. Oleh karena itu, kualitas pegawai terus dikembangkan agar mampu melayani masyarakat dengan baik, sehingga masyarakat merasa puas akan pelayanan pegawai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hipotesi Nol (Ho) diduga tidak ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, dan Hipotesis alternative (Ha) diduga ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, data, pembagian kuisioner, dan dokumentasi. Hasil pengelolaan data, yang diperkuat dengan data dan dokumentasi terdapat pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Kata Kunci : Pengaruh, Kualitas Pegawai, dan Kepuasan Masyarakat
Copyrights © 2022