Penelitian ini menginvestigasi pengaruh Return on Assets (ROA), pengeluaran Research and Development (R&D), dan Marketing Performance (MP) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur di Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan survei kuesioner terstruktur untuk mengumpulkan data dari sampel perusahaan manufaktur. Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak Partial Least Squares (PLS) 3 digunakan untuk analisis data. Temuan menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara ROA, pengeluaran R&D, MP, dan pertumbuhan laba, yang menyoroti pentingnya pemanfaatan aset yang efisien, inovasi, dan kemampuan pemasaran dalam mendorong kinerja keuangan. Studi ini berkontribusi pada kemajuan teoritis dalam memahami faktor-faktor penentu pertumbuhan laba di sektor manufaktur dan menawarkan wawasan praktis bagi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan profitabilitas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024