TERAKOTA : Jurnal Poster Arsitektur, Interior dan Rancang Kota
Vol 2, No 1 (2024)

REDESAIN DAN REGROUPING BANGUNAN SEKOLAH NEGERI DI JAKARTA SELETAN DENGAN PENDEKATAN PASSIVE DESIGN

Hendriono, Hendriono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Pendidikan merupakan landasan penting dalam pembangunan sebuah bangsa. Namun, tantangan pendidikan di Indonesia masih kompleks salah termasuk kesenjangan dan ketimpangan antara fasilitas pendidikan dengan kepadatan siswa dan kurangnya tenaga pengajar di wilayah perkotaan. Dalam kompleksitas tersebut, Sekolah tetap menjadi pusat kehidupan sosial dan pembentukan karakter individu. Sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat memberi dan menerima pembelajaran. Terdapat sekolah yang kondisi nya rusak dan butuh perbaikan serta bentuk bangunan sekolah yang terkesan kaku sehingga membuat siswa tidak nyaman berada di sekolah. Berbagai kebijakan telah dilakukan oleh Pemerintah salah satunya dengan kebijakan penggabungan/ regrouping. Regrouping sekolah merupakan penggabungan dua sekolah atau lebih kedalam satu menejemen sekolah. Perancangan ini bertujuan untuk merancang ulang bangunan sekolah pada jenjang pendidikan menengah dengan sistem regrouping dan mengusung konsep passive design. Pendekatan pasif tidak hanya memberikan manfaat dalam skala perkotaan namun dinilai memberikan kontribusi pada kesehatan, kenyamanan dan kesejahteraan penghuni bangunan. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat diciptakan lingkungan belajar yang optimal, efisien, dan ramah lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

terakota

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

TERAKOTA is an architecture poster journal publication in collaboration with the Department of Architecture in Engineering Faculty at Universitas Mercu Buana and the TA committee. TERAKOTA is a scientific publication and communication media of Design Methods, Architecture Design, Human Settlement, ...