Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran fisika di sekolah akibat pembelajaran yang jarang menggunakan media pembelajaran dan cenderung monoton menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran yang layak, melihat respon siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat dan mengetahui pengaruh dari media yang dikembangkan terhadap minat belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Fluidy memperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan validasi ahli materi dan media, lalu persentase sebesar 88% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan hasil angket respons peserta didik. Selain itu, berdasarkan nilai standar gain sebesar 0,39 dengan kategori "sedang" membuktikan bahwa media pembelajaran Fluidy dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran fisika. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fluidy layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar fisika.
Copyrights © 2024