DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 6, No 1 (2024)

Game Fisika Fluidy untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis

Alfarouqy, Ahmad Haekal (Unknown)
Septiyanto, Rahmat Firman (Unknown)
Oktarisa, Yuvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran fisika di sekolah akibat pembelajaran yang jarang menggunakan media pembelajaran dan cenderung monoton menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran yang layak, melihat respon siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat dan mengetahui pengaruh dari media yang dikembangkan terhadap minat belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Fluidy memperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan validasi ahli materi dan media, lalu persentase sebesar 88% dalam kategori "sangat layak" berdasarkan hasil angket respons peserta didik. Selain itu, berdasarkan nilai standar gain sebesar 0,39 dengan kategori "sedang" membuktikan bahwa media pembelajaran Fluidy dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran fisika. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fluidy layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar fisika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...