DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 5, No 2 (2023)

Pengembangan Media Macromedia Flash Berbasisi Model Kontekstual Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bukit Sundi

Indah Sepriyanti (PGRI Sumatera Barat university)
Husna Husna (PGRI Sumatera Barat University)
Iing Rika Yanti (PGRI Sumatera Barat University)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Penggunaan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran interaktif yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, dalam penggunaan teknologi berupa media pembelajaran masih kurang digunakan pendidik di dalam proses pembelajaran. Sehingga untuk keaktifan peserta didik belum maksimal selama proses pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan media pembelajaran macromedia flash berbasis model kontekstual sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan dan minat peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE (Anlyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Hasil yang diperoleh adalah media yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan persentase 85,8 % dan terkategori sangat praktis dengan persentase 94,9%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran macromedia flash berbasis model kontekstual terkategori sangat valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...