DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 5, No 1 (2023)

Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Materi Usaha Dan Energi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA/MA

Kartika Wulandari (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Muhimmatul Khoiroh (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Suci Prihatiningtyas (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas instrumen butir soal fisika yang dikembangan pada materi usaha dan energi dilihat dari validitas, reliabilitas, taraf kesukaran butir soal, dan daya pembeda butir soal. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan RD (research and development) dengan 9 langkah menggunakan model Borg Gall. Hasil analisis butir soal pada kelompok kecil dengan jumlah responden 16 peserta didik menghasilkan 14 butir soal valid dari 25 butir soal yang disusun dengan tingkat koefisien reliabilitas sebesar 0,908 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh proporsi 12% dengan kategori sulit, 28% dengan kategori sedang, dan 60% dengan kategori mudah. Daya pembeda butir soal diperoleh proporsi sebesar 20% dengan kategori baik dan 40% dengan kategori cukup. Hasil analisis butir soal pada kelompok besar dengan jumlah responden 43 peserta didik menghasilkan 11 butir soal valid dari 14 butir soal uji coba kelompok kecil dengan tingkat koefisien reliabilitas sebesar 0,753 dengan kategori tinggi. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh proporsi sebesar 0% dengan kategori sulit, 21,42% dengan kategori sedang, dan 78,57% dengan kategori mudah. Daya pembeda butir soal diperoleh proporsi sebesar 21,42% dengan kategori baik dan 42,85% dengan kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah butir soal layak digunakan untuk penilaian formatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...