Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya physics identity peserta didik dalam mata pelajaran fisika. Rendahnya physics identity peserta didik ini diakibatkan media yang belum sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif fisika menggunakan 3D Aplication Scratch untuk meningkatkan physics identity peserta didik dengan menggunakan model 4D. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen angket validasi. Teknik analisis data dengan merata-ratakan skor penilaian yang kemudian dikonversikan dengan kategori yang sudah ditetapkan. Hasil uji kelayakan media pembelajaran pada aspek Desain Komunikasi Visual didapatkan skor rata-rata 3.90 atau 98%, aspek Rekayasa Perangkat Lunak diperoleh 3.90 atau 98% dan aspek Kualitas Media Pembelajaran diperoleh 3.80 atau 95%. Berdasarkan hasil analisis data, pengembangan media pembelajaran fisika dengan berbatuan 3D Aplication Scratch pada topik gelombang bunyi untuk meningkatkan physics identity peserta didik sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil studi ini merekomendasikan aplikasi Scratch 3D agar lebih banyak digunakan dalam penelitian selanjutnya untuk memberikan pengalaman belajar interaktif dan visual dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep fisika dan mendorong menemukan hal-hal baru.
Copyrights © 2024