Musala Miftahul mempunyai peran penting di lingkungannya disana ada kegiatan pengajian antara Magrib dan Isya dan banyak anak yang melakukan kegiatan mengaji di setiap harinya dari hari Senin sampai Jum’at. Melihat hal tersebut pasti memiliki pembelajaran dan pendidikan yang menekankan akhlak di musala Miftahul Jannah. Maka dari itu penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pengurus musala dalam membina akhlak anak-anak . Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil, penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses strategi komunikasi, pengurus musala memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pembelajaran. Oleh karena itu, berhasil atau tidaknya pembinaan akhlak anak-anak tidak terlepas dari strategi komunikasi yang diterapkan pengurus dalam membina akhlak, karena membina akhlak anak-anak pengajian merupakan salah satu cara untuk membentuk mentalitas anak-anak agar memiliki kepribadian yang soleh dan beriman kepada Allah SWT. Bentuk strategi komunikasi yang diterapkan oleh pengurus musala ialah komunikasi interpersonal, diadik dan komunikasi kelompok.
Copyrights © 2024