Sejak awal Islam telah memberikan perhatian yang amat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dalam arti seluas-luasnya dan bukan hanya berarti formal seperti di sekolah. Hal ini antara lain dapat dilihat pada apa yang secara normatif-teologi ditegaskan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, dan pada apa yang secara empiris dapat dilihat dalam sejarah. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini memfokuskan penelitian pada nilai-nilai ilmu pengetahuan dan pendidikan di tinjau dari surat al-mujadalah ayat 11.Dengan menggunakan pendekatan kajian kepustakaan, penelitian ini dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Rasul mengajak untuk saling meluangkan dan meluaskan tempat ketika berada di majelis, tidak saling berdesakan dan berhimpitan. (2) Perintah untuk memberikan kelapangan dalam mendatangkan setiap kebaikan dan memberikan rasa kebahagiaan kepada setiap orang Islam. (3) Petunjuk dalam ilmu pengetahuan, agar dikembangkan untuk tujuan peningkatan ibadah, akidah dan akhlak yang mulia. (4) Ilmu pengetahuan dalam proses pendidikan yang sesuai dengan al-Qur’an akan menjauhkan manusia dari sikap takabur, sekuler dan ateistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015