Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja inventaris (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) terhadap sistem penganggaran (Y) baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif statistik untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan pengukuran yang akurat dari variabel yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja inventaris aset memiliki pengaruh signifikan terhadap sistem penganggaran secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,768 yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,051. Namun, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap sistem penganggaran dengan nilai t hitung sebesar -1,705 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 2,051. Secara simultan, kinerja inventaris aset dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap sistem penganggaran dengan nilai F hitung sebesar 3,844 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3,354. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 66,7% menunjukkan bahwa variabel independen memberikan kontribusi sebesar 66,7% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Simpulan, bahwa kinerja inventaris aset dan kepuasan pelanggan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sistem penganggaran PT Mulia Bosco Utama. Kata Kunci : Kinerja Inventaris Aset, Kepuasan Customer, Sistem Budgeting
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024