Jurnal Ilmiah WUNY
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY

Relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS

Annas, Amarudin (Unknown)
Noveles, Aditya Indit (Unknown)
Nikmah, Mila Kholidatun (Unknown)
Muna, Nuzaela Nafisatul (Unknown)
Seviana, Ranida (Unknown)
Khotrunada, Vida (Unknown)
Widiastuti, Anik (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk dapat mengembangkan potensi dalam dirinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai moral kehidupan. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan tanpa membeda-bedakan berdasarkan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya. Melalui pendidikan, seseorang dapat mencapai kemerdekaan dalam hidupnya sehingga mampu untuk membuat keputusan dalam hidupnya, mengelola waktu dengan baik, mandiri, serta profesional ketika menjalani pekerjaan. Dalam mewujudkan generasi bangsa yang berakal budi dan memiliki kebijaksanaan dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur kebudayaan di tengah era globalisasi sekarang ini, maka perlu adanya upaya-upaya konkret berupa pengajaran budi pekerti pada peserta didik dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur (Library research), dimana peneliti menggunakan beberapa literatur untuk memperoleh data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan mengintegrasikan budaya tepo seliro dengan pembelajaran IPS yang telah dirancang oleh pendidik, sehingga pembelajaran mencangkup nilai-nilai budaya yang luhur meliputi pengajaran kearifan lokal, tradisi, adat istiadat, dan etika yang ada dalam budaya masyarakat. Pembelajaran melalui penerapan nilai-nilai budaya bertujuan untuk membentuk peserta didik yang bertanggung jawab terhadap perkembangan budi pekerti mereka sehingga dalam kehidupan bermasyarakat mereka dapat memberi dampak positif di lingkungannya. Hal tersebut selaras dengan tujuan dari pembelajaran IPS yaitu untuk menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizen).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...