Jurnal Ilmiah WUNY
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY

Pemanfaatan model pembelajaran TGT berbantuan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar teks eksplanasi

Andono, Afid (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2G Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan keaktifan belajar dan hasil belajar yang rendah akibat kurangnya variatif dalam metode pengajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi dampak dari penerapan model TGT. Metodologi penelitian ini melibatkan 29 siswa dan dijalankan melalui dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam dua pertemuan. Pengukuran keaktifan belajar dilakukan melalui lembar observasi, sementara hasil belajar diukur menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Hasil dari siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 52% siswa yang mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai di atas 76, meninggalkan 48% siswa belum mencapai KKM. Namun, siklus kedua mencatat peningkatan signifikan dengan 86% siswa mencapai atau melebihi KKM, serta peningkatan rata-rata kelas dari 70,97 menjadi 81,96. Peningkatan ini menandakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa, menunjukkan potensi model ini sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...