IPA merupakan mata pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena objek IPA adalah segala sesuatu yang bersifat nyata dan konkret di alam semesta. Tetapi, tidak dapat dipungkiri, beberapa materi dalam IPA adalah materi yang abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung, sehingga membutuhkan konstruksi konsep yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas 9 SMP pada materi system reproduksi manusia yang dianalisis berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al Fawwaz, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi dengan sampel 109 peserta didik kelas 9 yang terdiri dari 56 peserta didik perempuan dan 53 peserta didik laki-laki. Metode tes yang dilakukan adalah tes diagnosis dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor yang dilengkapi dengan alasan terbuka dan persentase tingkat keyakinan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% peserta didik perempuan dan 66% peserta didik laki-laki mengalami miskonsepsi. Konsep mengenai organ system reproduksi wanita serta upaya perlindungan diri dari penyakit system reproduksi merupakan konsep dengan rentang miskonsepsi paling tinggi.
Copyrights © 2023