Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap penerapan sistem e-business di koperasi yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Model yang digunakan untuk menjelaskan penerimaan sistem e-business adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan 4 konstruk utama (internal variable). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 95 koperasi, dihitung menggunakan rumus Slovin dengan signifikansi 10%. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) persepsi kemudahan Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU); (2) persepsi kemudahan Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU); (3) persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU); (4) persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sistem e-business Actual Usage (AU); (5) sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU) berpengaruh terhadap penerimaan sistem e-business Actual Usage (AU).
Copyrights © 2024