AbstrakArtikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan untuk menemukan dan menganalisis pengaruh optimalisasi pembelajaran terhadap kemampuan berbahasa Inggris dan minat siswa di sekolah dasar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang menyeimbangkan antara kebutuhan hard skill dan soft skill dalam hal ini, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan karakter. Bahan ajar Bahasa Inggris apa saja yang perlu diperbaiki. Guru dan siswa adalah peserta penelitian, dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tes kemampuan menulis bahasa Inggris dan angket minat siswa adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian. Analisis varians dua arah digunakan untuk analisis data. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan pedoman. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan beberapa kegiatan seperti sharing knowledge, pendampingan dalam penyiapan dan pelaksanaan materi, serta berpartisipasi dalam diskusi kolaboratif sebagai langkah evaluasi dan refleksi. Siswa didorong untuk beradaptasi dengan cepat dan kritis sebagai hasil dari pendekatan ilmiah kasus ini untuk pengembangan bahan ajar, yang diyakini dapat menghubungkan teori dan praktik. Temuan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan 1) karakter, 2) kerja keras, dan 3) kreativitas, dan bahwa guru memerlukan 1) karakter, 2) percaya diri, 3) tanggung jawab, dan 4) kerja keras untuk mengembangkan karakter siswa. Dengan demikian, siswa dapat menumbuhkan pola pikir kreatif dan meningkatkan minat belajar.
Copyrights © 2022