Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran open-ended pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Handayani Sungguminasa, dan (b) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran open-ended pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Handayani Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencenaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah (a) penerapan metode pembelajaran open-ended dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I rata-rata siswa yang aktif sebanyak 58,48 % meningkat pada siklus II menjadi 64,51 % dan (b) hasil belajar pesera didik meningkat siklus I siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 45,16 % meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa atau 93,54 %.
Copyrights © 2022