Jurnal MediaTIK
Volume 5 Issue 1, Januari (2022)

Penerapan Metode Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Handayani Sungguminasa

Muh. Nasir Malik (Universitas Negeri Makassar)
Harifuddin (Universitas Negeri Makassar)
Yusliandira Nandini YG (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran open-ended pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Handayani Sungguminasa, dan (b) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran open-ended pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Handayani Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan menggunakan prosedur tindakan yaitu perencenaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah (a) penerapan metode pembelajaran open-ended dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I rata-rata siswa yang aktif sebanyak 58,48 % meningkat pada siklus II menjadi 64,51 % dan (b) hasil belajar pesera didik meningkat siklus I siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 45,16 % meningkat pada siklus II menjadi 29 siswa atau 93,54 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...