proses mendesain, di manaaudiens merupakan aspek dan faktor yang penting sebagai paradigma berpikir sampai berkreasi,desain memiliki ruang yang terbuka untuk berkolaborasi dengan keilmuan lain, seperti antrologiyang memiliki metode yang khas yaitu etnografi, sampai keilmuan psikologi dengan metodekuantitatif. Namun demikian, pemanfaatan metode dari berbagai ilmu dalam proses mendesainuntuk mengidentifikasi karakteristik audiens sebaiknya tidak hanya berguna sebagai penunjangdata an sich, tetapi juga mampu untuk dikembangkan dengan keilmuan desain relasinya dalammencapai tujuan yang diharapkan, sampai pengembangan metode dalam proses mendesain.Riset audiens yang terus dikembangkan dalam keilmuan desain akan bermanfaat untukmengidentifikasi karakteristik dari audiens dari waktu ke waktu. Desainer dapat memiliki datamengenai kedinamisan target audiens yang dapat menunjang aspek dan faktor yang lain, sepertiestetika, fungsi, sampai pemanfaatan teknologi dan media yang akan digunakan.
Copyrights © 2015