Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar di Organisasi Mahasiswa Psikologi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang tergabung dalam Organisasi Pendidikan Tinggi Sumatera Barat yang berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sampel dilakukan dengan cara mengambil subjek tidak berdasarkan strata, acak atau wilayah tetapi didasarkan pada tujuan spesifiknya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang. Hasil uji coba menunjukkan koefisien validitas pada skala Adversity Quotient bergerak dari 0,325 menjadi 0,606. Sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,906. Hasil uji hipotesis menunjukkan besarnya koefisien korelasi sebesar 0,303 dengan tingkat signifikansi p = 0,002 artinya dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar. Nilai positif menunjukkan bahwa semakin tinggi Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat maka semakin tinggi pula prestasi akademiknya, begitu pula sebaliknya semakin rendah Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat, maka semakin rendah pula Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. prestasi akademik.
Copyrights © 2023