Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Negeri 14 Bone

Wulandari, Ratna (Unknown)
Munandar, Aris (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek integral dalam pengembangan peserta didik yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan kepribadian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggali implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 14 Watampone. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, serta analisis dokumen guna mendapatkan pemahaman mendalam tentang praktik pendidikan karakter di sekolah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 14 Bone telah berkomitmen untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam lingkungan pembelajaran. Program ini melibatkan guru, siswa, orang tua, dan stakeholder sekolah lainnya. Dalam kurikulumnya, sekolah telah mengidentifikasi nilai-nilai karakter utama, seperti jujura, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, yang diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari di sekolah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman praktik pendidikan karakter di SMA Negeri 14 Bone dan memberikan rekomendasi untuk memperkuat implementasi program tersebut. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan pendidikan dan pihak terkait untuk terus meningkatkan efektivitas pendidikan karakter di tingkat sekolah menengah atas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...