Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Peran Sekolah Penggerak dalam Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka

Rama Putri, Mentari (Unknown)
Arismunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran sentral Sekolah Penggerak dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Kurikulum Merdeka merupakan upaya untuk menciptakan sistem guruan yang adaptif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Sekolah Penggerak diharapkan menjadi motor penggerak utama dalam menerapkan kurikulum ini, melibatkan kepemimpinan, pengelolaan sumber daya, dan pembentukan lingkungan pembelajaran yang stimulatif. Program Sekolah Penggerak menjadi inisiatif menarik untuk meningkatkan relevansi dan efektivitas kurikulum di seluruh sekolah di Indonesia. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka dan peran sekolah sebagai penggerak masih menjadi subjek diskusi menarik. Penelitian ini bertujuan mendalamkan pemahaman tentang peran sekolah sebagai penggerak dalam implementasi Kurikulum Merdeka di berbagai sekolah. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di UPTD SMP 3 Kabupaten Mamuju Tengah, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi partisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Penggerak bukan hanya lembaga guruan biasa, melainkan motor penggerak yang memimpin perubahan guruan. Dengan dukungan anggaran khusus, pendampingan, dan pengimbasan ke sekolah-sekolah terdekat, Sekolah Penggerak menjadi pusat implementasi dan tolok ukur keberhasilan Kurikulum Merdeka. Peran kepala sekolah dalam membimbing perubahan menjadi kunci sukses, dengan fokus utama pada belajar mandiri, pemanfaatan teknologi, kreativitas, inovasi, dan penguatan karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...