Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
Vol 4 No 2 (2024): Januari-Juni

Evaluasi Diagnostik dan Remidial dalam Pembelajaran

Sari Mahwati Hasibuan (STIT Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu usaha dalam memberikan pendidikan yang diharapkan dapat memberikan perubahan pengetahuan, sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Namun dalam proses pembelajaran sering kali peserta didik menghadapi kesulitan belajar. Evaluasi diagnostik merupakan salah satu fungsi dalam evaluasi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi diagnosis dan remidial dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif (qualitative research) dengan menggunakan teknik deskriptif dan analitis. Hasil penelitiannya adalah evaluasi diagnostik merupakan salah satu fungsi evaluasi yang digunakan untuk mengetahui masalah-masalah atau kesulitan belajar peserta didik, serta menemukan solusi dalam memecahkan masalah yang di hadapi peserta didik. Pembelajaran remedial pada hakikatnya merupakan pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar. Pelaksanaan pembelajaran remedial mencakup diagnosis kesulitan belajar, memberikan tindakan perbaikan yang sesuai dan memberikan dukungan untuk pencapaian akhir suatu pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadribunajournals

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam ...