Kegiatan pembelajaran merupakan suatu usaha dalam memberikan pendidikan yang diharapkan dapat memberikan perubahan pengetahuan, sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Namun dalam proses pembelajaran sering kali peserta didik menghadapi kesulitan belajar. Evaluasi diagnostik merupakan salah satu fungsi dalam evaluasi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi diagnosis dan remidial dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif (qualitative research) dengan menggunakan teknik deskriptif dan analitis. Hasil penelitiannya adalah evaluasi diagnostik merupakan salah satu fungsi evaluasi yang digunakan untuk mengetahui masalah-masalah atau kesulitan belajar peserta didik, serta menemukan solusi dalam memecahkan masalah yang di hadapi peserta didik. Pembelajaran remedial pada hakikatnya merupakan pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar. Pelaksanaan pembelajaran remedial mencakup diagnosis kesulitan belajar, memberikan tindakan perbaikan yang sesuai dan memberikan dukungan untuk pencapaian akhir suatu pelajaran.
Copyrights © 2024