Pendidikan Agama Islam merupakan bagian terpenting pada proses pelaksanaan pendidikan agar mencapai tujuanya yang maksimal yaitu menciptakan manusia yang memiliki nalar berpikir yang benar serta berprilaku yang tepat sesuai dengan norma-norma yang ada. Permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran pendidikan agam islam sangat berkaitan dengan moral serta karakter seorang peserta didik erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Problem-problem klasik yang sering muncul pada proses pembelajaran tidak lepas dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Studi Kasus (case study) sebagai jenis rancangan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dan informasi yang diperoleh akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam yakni, (1) Siswa, (2) Pendidik, (3) Metode pembelajaran, (4) Perubahan Kurikulum. Sedangkan upaya yang dilakukan guru pendidikan islam di SMA Empat Lima 1 Kedungpring dalam mengatasi problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Moral dan Karakter Islami Siswa SMA Siswa Empat Lima 1 Kedungpring Lamongan dengan cara yakni, (1) memotivasi peserta didik, (2) menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, (3) Membiasakan pengamalan ajaran islam, (4)Meningkatkan profesionalisme pendidik.
Copyrights © 2024