Latar belakang penelitian ini berfokus pada proses dan hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 11 Garut. Kajian ini muncul dari kebutuhan mendesak untuk mengembangkan sikap toleransi dan pemahaman yang inklusif di kalangan siswa terhadap berbagai interpretasi dan praktik keagamaan. Hal ini didorong oleh meningkatnya polarisasi dan intoleransi yang berbasis agama, yang tidak hanya menjadi isu nasional tetapi juga global. SMA Negeri 11 Garut, sebagai lembaga pendidikan, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi sikap moderasi beragama khususnya di SMA Negeri 11 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif survey. Dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 11 Garut sudah berjalan dengan baik. Hal ini diungkapkan langsung oleh Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Garut yang menyatakan bahwa SMA Negeri 11 Garut merupakan sekolah yang sudah menanamkan moderasi beragama dalam kegiatan pembelajaranya. Begitu pula dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dibuktikan dengan adanya RPP yang berkaitan dengan moderasi beragama, seperti materi di kelas XI yaitu materi Musyawarah Untuk Mufakat, materi Demokrasi, Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Lalu di kelas XII adapula materi mengenai Persatuan dan Kerukunan.
Copyrights © 2024