Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan small group discussion terhadap pemahaman matematis peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini diambil secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas liliefors dan dilakukan uji homogenitas untuk melihat kesamaan varians pada kedua kelompok. Data dianalisis dengan taraf signifikansi 5% (0,05) untuk pengujian hipotetis menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan small group discussion efektif terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas X di MA Kartayuda. Hal tersebut dapat ditunjukkan berdasarkan pada data analisis akhir yaitu nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 52,24. Kedua kelas memiliki varian yang sama (homogen). Dan hasil uji perbedaan rata-rata dua pihak diperoleh thitung (5,506) > ttabel (2,317). Dengan demikian hasil pemahaman matematis peserta didk kedua kelas berbeda secara signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan small group discussion efektif terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas X di MA Kartayuda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024