Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS - SEPTEMBER 2024

Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Motivasi BelajarPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Asep Tutun Usman (Unknown)
Nenden Munawaroh (Unknown)
Sofi Sofiah Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meingkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif untuk bisa menjelaskan, merangkai, menggambarkan dan menjawab permasalahan yang akan diteliti dengan lebih detail dan terperinci. Berdasarkan hasil penelitian antara lain: pertama, mengevaluasi model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. kedua, motivasi belajar siswa dalam pelaksanaan model group investigation pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Ketiga, menganalisis faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam cukup baik. Dengan pembelajaran ini siswa merasa lebih percaya diri karena suasana kelompok lebih santai dan terbuka dibandingkan dengan pembelajaran individu. Guru Pendidikan Agama Islam tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran penelitian kelompok menciptakan lingkungan belajar yang menantang namun mendukung sehingga memotivasi siswa untuk berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...