Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. Untuk mengoptimalkan metode pembelajaran PAI, maka timbul beberapa rumusan masalah yaitu: bagaimana optimalisasi metode pembelajaran PAI untuk meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik dan apa saja faktor penghambat dan pendukung optimalisasi metode pembelajaran PAI dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru mengoptimalkan penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik melalui metode diskusi, demonstrasi dan bermain peran pada mata pelajaran PAI. Agar pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan meningkatkan Kecerdasan Spiritual peserta didik. 2) Faktor penghambatnya adalah kesiapan belajar dan suasana hati atau mood belajar peserta didik, sedangkan faktor pendukungnya ialah kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran yang mendukung.
Copyrights © 2024