Guru seringkali dihadapkan pada keberagaman yang banyak bentuknya. Mereka secara terus menerus menghadapi tantangan dan memutuskan banyak hal dalam satu waktu. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi, karena tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran tapi juga fokus pada proses dan konten atau materi. Metode ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran. Di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang disusun dengan prosedur sesuai konsep yang bisa diimplementasikan oleh guru. Tujuannya agar mampu mengakomodir bagian-bagian kebutuhan peserta didik yang berbeda dalam kelas juga lingkungan sekolah. Di sisi lain pemahaman tentang pengembangan potensi peserta didik berkenaan peran guru mata pelajaran menerapkan pendekatan kepada peserta didik secara humanis, ramah, memotivasi, religius, bersahabat mendorong. Temuan Herwina menyebutkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat penting dalam menstimulus dan mengarahkan peserta didik dalam memahami potensinya. Kemampuan guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan untuk memahami potensi peserta didik yang beragam. Selain itu kemampuan guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan untuk mengembangkan potensi peserta didik.
Copyrights © 2024