SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Kapasitas Digital Marketing Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Pemasaran UMKM

Hasan, Adnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuisioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kota Parepare. Pada penelitian ini, jumlah minimal sampel yang dipakai adalah 10 kali dari jumlah seluruh variable laten pada model jalur atau 10 kali dari jumlah indikator. Total sampel dalam penelitian ini adalah 121 sampel UMKM. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan pada pengaruh secara langsung (direct effect), kapabilitas digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, sedangkan Aset digital marketing tidak berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan. Pada pengaruh secara tidak langsung (indirect effect), kapabilitas digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM, sedangkan aset digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci: Kapasitas Digital Marketing; Orientasi Kewirausahaan; Kinerja Pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...