Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuisioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kota Parepare. Pada penelitian ini, jumlah minimal sampel yang dipakai adalah 10 kali dari jumlah seluruh variable laten pada model jalur atau 10 kali dari jumlah indikator. Total sampel dalam penelitian ini adalah 121 sampel UMKM. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan pada pengaruh secara langsung (direct effect), kapabilitas digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, sedangkan Aset digital marketing tidak berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan. Pada pengaruh secara tidak langsung (indirect effect), kapabilitas digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM, sedangkan aset digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci: Kapasitas Digital Marketing; Orientasi Kewirausahaan; Kinerja Pemasaran.
Copyrights © 2023