Platform TikTok merupakan salah satu media sosial yang dapat dinikmati oleh berbagai khalayak yang mana pada “for you page” akan muncul konten-konten yang viral yang menghasilkan banyak engagement dengan rate yang tinggi. Hal tersebut menjadi daya tarik dr. Ika yang mampu meningkatkan jumlah pengikutnya di tiktok hingga mencapai sebanyak 2 juta. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan gaya komunikasi dalam konten media sosial tiktok dr. Ika menurut sudut pandang gen Z. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan terhadap dokumen dan video postingan akun tiktok @dokter_ika. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa gaya komunikasi dr. Ika dalam menyampaikan edukasi perawatan kulit di media tiktok diantaranya, gaya dominan, gaya argumentasi, gaya santai, dan gaya bersahabat. Hal ini dikarenakan menurut pengikutnya dr. Ika dalam penyampainnya sangat santai, menggunakan data, dan selalu merespon setiap komentar secara positif. Kata-kata Kunci: Gaya; Komunikasi; TikTok; Edukasi; Skincare
Copyrights © 2024