SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 1.1 (2024)

Analisis Gaya Komunikasi Dokter Ika Dalam Konten Edukasi Perawatan Kulit di Tiktok

Amanda S, Maria Catharine (Unknown)
Irmayanti, Irmayanti (Unknown)
Raisa, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Platform TikTok merupakan salah satu media sosial yang dapat dinikmati oleh berbagai khalayak yang mana pada “for you page” akan muncul konten-konten yang viral yang menghasilkan banyak engagement dengan rate yang tinggi. Hal tersebut menjadi daya tarik dr. Ika yang mampu meningkatkan jumlah pengikutnya di tiktok hingga mencapai sebanyak 2 juta. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan gaya komunikasi dalam konten media sosial tiktok dr. Ika menurut sudut pandang gen Z. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan terhadap dokumen dan video postingan akun tiktok @dokter_ika. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa gaya komunikasi dr. Ika dalam menyampaikan edukasi perawatan kulit di media tiktok diantaranya, gaya dominan, gaya argumentasi, gaya santai, dan gaya bersahabat. Hal ini dikarenakan menurut pengikutnya dr. Ika dalam penyampainnya sangat santai, menggunakan data, dan selalu merespon setiap komentar secara positif. Kata-kata Kunci: Gaya; Komunikasi; TikTok; Edukasi; Skincare

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...