Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) Edisi Mei- Agustus

Strategi Branding pada UMKM Salad Buah Bintang Desa Mlorah Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

Nur Indah Fatmala (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Muhadjir Anwar (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial dalam perekonomian suatu negara. Namun, UMKM dihadapkan berbagai tantangan yaitu persaingan yang sangat ketat dalam dunia usaha sehingga diperlukan strategi adalah melalui branding produk. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan yaitu meningkatkan kesadaran pelaku UMKM Desa Mlorah terhadap pentingnya strategi branding melalui pendampingan dalam pembuatan logo dan label yang dapat membangun identitas usaha. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) untuk mengetahui, memahami, merencanakan, aksi, dan refleksi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pelaku UMKM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pembuatan logo dan label kemasan produk sebagai bentuk strategi branding pada UMKM agar dapat membedakan dengan produk serupa lainnya, membangun citra bisnis, membangun kepercayaan konsumen, sebagai media promosi. Dengan demikian, produk menjadi lebih dikenal di pasar sehingga berpotensi dalam meningkatnya penjualan dan pendapatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...