Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial dalam perekonomian suatu negara. Namun, UMKM dihadapkan berbagai tantangan yaitu persaingan yang sangat ketat dalam dunia usaha sehingga diperlukan strategi adalah melalui branding produk. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan yaitu meningkatkan kesadaran pelaku UMKM Desa Mlorah terhadap pentingnya strategi branding melalui pendampingan dalam pembuatan logo dan label yang dapat membangun identitas usaha. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) untuk mengetahui, memahami, merencanakan, aksi, dan refleksi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pelaku UMKM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pembuatan logo dan label kemasan produk sebagai bentuk strategi branding pada UMKM agar dapat membedakan dengan produk serupa lainnya, membangun citra bisnis, membangun kepercayaan konsumen, sebagai media promosi. Dengan demikian, produk menjadi lebih dikenal di pasar sehingga berpotensi dalam meningkatnya penjualan dan pendapatan.
Copyrights © 2024