Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji dampak beban terhadap penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) yang berlebihan dalam mempengaruhi kinerja nilai akademik dan prestasi siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif dalam pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) di Kota Batam, baik program studi komputer maupun non komputer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Cluster Disproportionate Random Sampling, dengan cara menyebarkan hasil kuesioner dalam bentuk Google form melalui berbagai media sosial. Dari hasil penyebaran kuesioner diperoleh total sebanyak 401 total sampel data. Seluruh data sampel yang terkumpul akan dianalisis dan diuji regresi menggunakan perangkat lunak bernama SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Extra Knowledge, Extra Interaction, dan Extra Connection mempunyai pengaruh terhadap Techno Struggle dan Burnout. Dengan aspek Extra Connection yang mempunyai dampak dan pengaruh yang cukup besar terhadap Burnout. Dan juga penelitian ini telah membuktikan bahwa Techno Struggle dan Burnout mempunyai pengaruh terhadap Prestasi Akademik. Dari hasil penelitian yang diteliti diharapkan dapat menjadi masukan bagi mahasiswa untuk lebih memperhatikan penggunaan Artificial Intelligence (AI) secara ekstra sehingga dapat mencegah atau meminimalisir dampaknya terhadap hasil akademik mahasiswa. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Ekstra, Prestasi Akademik.
Copyrights © 2023