SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 2 (2024): July - December

Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Emina Di Kota Batam

Hastuti, Sherly (Unknown)
Nainggolan, Nora Pitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian Emina di Kota Batam dipengaruhi oleh kualitas produk, kepercayaan dan citra merek. Pengguna yang telah menggunakan produk Emina merupakan populasi yang digunakan, meskipun tidak jelas berapa banyak. Dengan menggunakan pendekatan purposive sampling dan rumus Lemeshow digunakan dalam proses pengambilan sampel, sehingga menghasilkan perhitungan total 100 responden. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda yang melalui pengujian uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi liner berganda menunjukkan bahwa 21,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kualitas produk. Pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian sebesar 11,1%. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh citra merek sebesar 77,3%. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2), kualitas produk, kepercayaan dan citra merek dapat menjelaskan bahwa 79,6% dari variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu uji t dan uji f menunjukkan bahwa variable kualitas produk dan citra merek secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Emina di Kota Batam, sedangkan kepercayaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Emina di Kota Batam. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk Emina di masa mendatang. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepercayaan, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...