Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

TELAAH MODAL SOSIAL DALAM AL-QURAN : STUDI TAFSIR QS. AL-HUJARAT AYAT 10

Alim Mu'min, Muh Dian Nur (Unknown)
Ahmed Hasob, Hamza Abdulrahim (Unknown)
Abubakar, Achmad (Unknown)
Basri, Halimah (Unknown)
Fazaka Rif’ah, Muh. Azka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Dari ayat 10 surat Al Hujurat disebutkan bahwa mukmin atau mukmin semuanya bersaudara, yakni bersaudara seiman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana QS. Surat Al-Hujarat Ayat 10 dikaji relevansinya dengan modal sosial. Karena kita orang beriman adalah saudara, maka wajib bagi kita untuk saling menjaga tali silaturahmi dan perdamaian antar sesama, serta taat dan tunduk kepada Allah dan melakukan itu semua hanya karena Allah agar kita semua selalu mendapat rahmat-Nya dalam hidup ini. . Hal ini sejalan dengan konsep modal sosial dalam Islam dimana Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai seperti hubungan antar masyarakat, hubungan timbal balik antar umat beriman dan rasa percaya yang terlihat dari hubungan dengan Allah SWT. Serta hubungan dengan sesama manusia, ketiga konsep tersebut masing-masing terkandung dalam QS. Al-Hujarat Ayat 10. Dan pelaksanaannya sudah ada sejak zaman dahulu hingga masa keemasan Islam hingga sekarang. Kata Kunci : QS. Al-Hujurat: 10, Modal Sosial, Jaringan, Timbal Balik, Kepercayaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...