Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 1 No. 4 (2024): Juli

ANALISIS PENGARUH PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PERSONEL, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAGERJEK (TRANSPORTASI OJEK ONLINE LIWA)

Lingga Ramadan, Arya Rama (Unknown)
Indriani, Wiewiek (Unknown)
Wuryanti, Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh variabel Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, dan Physical Evidence terhadap kepuasan pelanggan Magerjek (Transportasi Ojek Online Liwa) di kota Liwa, Lampung Barat. Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah mengubah lanskap transportasi secara signifikan, mempengaruhi cara perusahaan transportasi menyediakan layanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji t untuk menguji pengaruh parsial masing-masing variabel terhadap kepuasan pelanggan, serta uji F untuk mengevaluasi pengaruh bersama-sama variabel tersebut. Data dikumpulkan melalui survei kepada pelanggan yang menggunakan aplikasi Magerjek, dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Product, Price, Personel, dan Process secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Sementara itu, variabel Place, Promotion, dan Physical Evidence tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji-F menegaskan bahwa secara bersama-sama, ketujuh variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Implikasi dari temuan ini menyarankan perlunya peningkatan pada aspek-aspek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta pentingnya pengelolaan dan penyesuaian strategi dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan dalam layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia.Kata Kunci : Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process,Physical Evidence,Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...