Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 1 No. 2 (2022): Kajian Pendidikan Sejarah dan Sejarah

PEMANFAATAN MUSEUM SIGINJAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS JAMBI

Rati Isrowiyah (Pendidikan Sejarah Universitas Jambi)
Reka Seprina (universitas jambi)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah adalah “Bagaimana Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Universitas Jambi”. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Universitas Jambi. Penelitian ini tergolong dalam penelitian Kualitatif Deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang melalui beberapa tahap yaitu: tempat dan waktu penelitian, pendekatan dan jenis penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, uji validasi data, teknik analisis data dan prosedur penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Museum Siginjai merupakan salah satu sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, dari museum dapat memberikan imajinasi posisif kepada peserta didik, mahasiswa dan masyarakat mengenai koleksi-koleksi yang ada dimuseum. Imajinasi yang timbul nantinya akan memberikan kesadaran baru kepada peserta didik dan mahasiswa bahkan dengan datang berkunjung ke museum akan memberikan sumber belajar baru khususnya untuk sejarah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...