Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 2 No. 2 (2023): Kajian Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME FLY SPIN BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI

Viona Audia Putri (Universitas Jambi)
Reka Seprina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Tujuan pembelajaran sejarah adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pengetahuan kognitif, afektif dan psikomotorik serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah, guna mengembangkan jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan masa depan. Namun pada kenyataannya sangat berbeda dengan kelas sejarah, alih-alih memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut, pembelajaran sejarah terkesan kelam, tidak bermakna, penuh beban berat penghafalan dan membosankan serta kurang menarik. Maka perlu sebuah upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan media pembelajaran game fly spin berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah di SMA. Metodologi yang digunakan adalah desain pengembangan media 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media game fly spin berbasis sejarah lokal pada pelajaran sejarah di SMA sangat layak untuk di gunakan dalam pembelajaran sejarah. Selain itu, dapat mengatasi permasalahan sejarah, meningkatkan keaktifan siswa, dan menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan meningkatkan semangat belajar siswa dalam belajar sejarah di SMA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...