PELITA-Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 1 No 2 (2023): PELITA - JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN

Urgensi Inovasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Qur'an Hadis Peserta Didik

yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi inovasi belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis pada MAN 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis pada MAN 1 Watansoppeng sudah terlaksana melalui berbagai metode yang diterapkan oleh pendidik. Adapun inovasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis peserta didik sangatlah penting dalam hal pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Qur’an Hadis sebaiknya seorang pendidik tidak hanya menerapkan metode ceramah saja, akan tetapi setidaknya menggunakan metode yang bervariasi guna menarik perhatian peserta didik agar pelajaran yang diajarkan dapat mudah dipahami. Kegiatan proses pembelajaran dengan metode mengajar yang bervariasi dapat menjadi suatu inovasi yang menarik perhatian/ gairah belajar peserta didik. Dengan adanya gairah belajar itu tentunya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik itu sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PELITA adalah jurnal ilmiah peer review yang dikelola oleh STAI Al-Gazali Soppeng yang fokus pada pendidikan, keguruan, dan keislaman. Jurnal ini secara resmi diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni setiap bulan Januari dan Juli. Tim pengelola jurnal mengundang para peneliti dan/atau pakar untuk ...