Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi inovasi belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis pada MAN 1 Watansoppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis pada MAN 1 Watansoppeng sudah terlaksana melalui berbagai metode yang diterapkan oleh pendidik. Adapun inovasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis peserta didik sangatlah penting dalam hal pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Qur’an Hadis sebaiknya seorang pendidik tidak hanya menerapkan metode ceramah saja, akan tetapi setidaknya menggunakan metode yang bervariasi guna menarik perhatian peserta didik agar pelajaran yang diajarkan dapat mudah dipahami. Kegiatan proses pembelajaran dengan metode mengajar yang bervariasi dapat menjadi suatu inovasi yang menarik perhatian/ gairah belajar peserta didik. Dengan adanya gairah belajar itu tentunya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik itu sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023