Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam penjualan snack bucket, snack box, dan snack gift box saat ini merupakan sektor usaha yang berkembang pesat di industri makanan dan minuman yang dikemas dengan kreatif salah satunya UMKM Mrs. Snackket. Pengabdian masyarakat ini didasari oleh latar belakang permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis baru di era digital, UMKM belum memiliki akun sosial media dan masih awam menggunakan marketplace maupun perangkat desain grafis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk melalui branding media sosial UMKM Mrs. Snackket dan sebagai strategi memperluas pasar melalui pemanfaatan digital marketing. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi dengan melakukan wawancara secara online untuk mengetahui permasalahan UMKM Mrs. Snackket dalam penjualan produk, kemudian pelatihan desain dan pembuatan konten, pendampingan pembuatan marketplace dan branding media social. Hasil dari program ini membantu memperluas jangkauan pasar melalui media sosial dan marketplace. Mewujudkan branding desain logo, desain tag card, desain kartu ucapan dan branding media sosial Instagram. Serta meningkatkan brand awareness melalui konten tutorial Tiktok dengan menggunakan strategi digital storytelling promotion dan pembuatan whatsapp business untuk memudahkan komunikasi dengan calon customer. Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah pemahaman pelaku UMKM dalam pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan dalam hal ini tim abdimas menggunakan alat ukur dengan melakukan wawancara.
Copyrights © 2024