Salah satu aspek dari kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan untuk mengenali karateristik perkembangan siswa. Kemampuan tersebut menunjukkan kemampuan guru melihat karakteristik siswa dalam belajar. Semakin baik guru mengenal karakterisik perkembangan siswa akan semakin peka dalam menyusun RPP dan berdampak pada perkembangan dan hasil belajar siswa yang optimal. Untuk itu, guru perlu belajar dan mampu berefleksi setiap hari untuk mengembangkan potensi dan mengerjakan panggilannya sebagai guru profesional. Pelatihan dan pendampingan praktik pembelajaran berbasis perkembangan siswa bagi guru di SD Persatuan Binong adalah salah satu upaya untuk memberikan penguatan kepada guru akan pentingnya mengenali kebutuhan siswa. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru mengenai pentingnya mengenali kebutuhan siswa agar dapat berkembang dan belajar dengan optimal dan mengimplementasikannya dalam penyusunan RPP pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan dalam bentuk ceramah interaktif yang disertai tanya jawab, diskusi dan workshop. Hasil yang diperoleh yaitu bahwa kegiatan ini telah berjalan dengan baik dimana guru mendapatkan pemahaman yang baik mengenai pentingnya mengenali kebutuhan perkembangan siswa dan kegiatan belajar. Hal-hal ini menjadi acuan penting untuk menyusun RPP, menentukan media ajar dan pemilihan metode mengajar. Dampak dari penerapan RPP tersebut dialami secara langsung oleh siswa yakni siswa semakin fokus, antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran dibanding sebelumnya.
Copyrights © 2024