Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi dan Dakwah
Vol 1 No 1 (2021)

Strategi Komunikasi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan Daerah

Arif Widodo (IAINU Kebumen)
Febriany Febriany (IAINU Kebumen)
Irfaturahmah Irfaturahmah (IAINU Kebumen)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Strategi komunikasi pemerintah yang tepat menjadi keniscayaan dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen. Terlebih menyusul OTT KPK pada 2016 saat Kebumen masuk deretan kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui strategi pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan daerah. Penelitian yang menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif ini mengungkap bahwa pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten memilih strategi komunikasi yang tepat dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen dengan memanfaatkan media sosial dan website yang dimiliki instansi atau lembaga terkait. Di era digital media, komunikasi pemerintah memang tidak cukup hanya menyampaikan informasi saja, tetapi harus dikelola secara terintegrasi dengan membangun sinergitas dan koordinasi antara K/L (kantor/lembaga). Sinergitas ini terkait data dan informasi kebijakan serta program lintas sektor. Di samping itu menghapus sekat-sekat sektoral, sehingga dapat mendukung conversation digital media guna memenangkan pertempuran udara sekaligus menciptakan atmosfir yang kondusif terkait citra positif kinerja pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen. Selain memperhatikan aktor, media dan efek yang timbul, strategi komunikasi yang digunakan tersebut juga partisipatif dengan melibatkan masyarakat untuk dialog secara langsung. Antara lain dengan mendatangkan pejabat pusat untuk menyampaikan program penanggulangan kemiskinan di Kebumen secara langsung kepada masyarakat dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui bupati atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

selasar

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, kajian analitis-kritis dan Literatur Review yang ditulis oleh Akademisi maupun Praktisi di bidang Komunikasi Penyiaran Islam. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Oktober dan April. ...