PT Olahkarsa Inovasi Indonesia adalah perusahaan B2B yang inovatif yang fokus pada Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Sebagai bagian dari upaya ini, mereka telah mengembangkan SR-APP, sebuah aplikasi berbasis web yang membantu perusahaan dalam mengelola dan memantau program CSR. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh SR-APP adalah pengembangan fitur sistem untuk membantu klien perusahaan PT Olahkarsa menganalisis sentimen publik melalui berita dan komentar terkait program CSR. Dengan menganalisis sentimen, perusahaan dapat menggunakannya sebagai referensi dalam menentukan dan meningkatkan kualitas layanan pada program CSR di masa depan. Analisis dan perancangan fitur sistem dilakukan melalui metode observasi dan wawancara dengan PT Olahkarsa. Pengembangan fitur sistem melibatkan pengambilan tweet melalui API Twitter, yang kemudian diproses menggunakan API analisis sentimen dengan metode Klasifikasi Sentimen RoBERTa Base untuk mengekstraksi sentimen publik terhadap program CSR. Pengujian fungsionalitas dilakukan menggunakan metode black box, dengan semua 8 fungsi berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Pengujian performa menunjukkan waktu pemuatan halaman yang memuaskan, dengan rata-rata First Contentful Paint sebesar 4,7 detik dan Speed Index sebesar 6,9 detik. Pengujian Penerimaan Pengguna menghasilkan skor penerimaan positif sebesar 95% untuk sistem tersebut.
Copyrights © 2023