Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting
Vol 1, No 1: 2024

Implementasi Strategi Pemasaran Rasulullah SAW pada Nuris Mart di Pondok Pesantren Nurul Islam Mojokerto

Sahri, Mohamad Zahrudin (Unknown)
Shulhi, Muhammad Ibda’u (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Nuris Mart sebagai unit usaha dari Pondok Pesantren Nurul Islam sudah semestinya taat dan patuh terhadap ketentuan syariat Islam. Kehidupan dan strategi pemasaran Rasulullah SAW dapat menjadi pedoman Nuris Mart dalam berbisnis. Penelitian ini mengupas bagaimana Nuris Mart menerapkan strategi pemasaran Rasulullah SAW dengan 4 (empat) bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan pengambilan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nuris Mart benar-benar menerapkan strategi pemasaran Rasulullah SAW, seperti penjualan produk yang halal dan toyyib, ketatnya larangan masuknya produk haram, tidak suci atau najis, serta merendahkan harkat dan martabat santri, harga jual produk yang terjangkau dengan uang saku santri, penyebaran tempat yang strategis agar tidak terjadi antrian panjang, promosi melalui desain tempat yang menarik dan nyaman, serta tidak mudah mengucap sumpah dalam promosi produk yang ditawarkan oleh Nuris Mart.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jseba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Sharia Economics, Banking and Accounting, published by STAI Nurul Islam Mojokerto. It is a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of Sharia Economics, Banking and Accounting. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to ...