Bakoba: Journal of Social Science Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Bakoba : Journal of Social Science Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP: APPLICATION OF COOPERATIVE SCRIPT LEARNING MODEL TO INCREASE IPS STUDENTS' STUDENTS' LEARNING OUTCOMES




Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Komponen pendidikan yang dimaksud antara lain guru, materi pembelajaran, metode, media, teknik pembelajaran, sarana dan prasarana dalam lembaga penyelengara pendidikan. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran antara lain guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Nilai hasil belajar siswa sebagian besar masih di bawah KKM. Tujuan perbaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan. Desain prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, serta (4) Refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa saat skor dasar siswa mencapai KKM 7 siswa (36,84%). Pada saat ulangan harian I siswa yang mencapai KKM naik sebanyak 13 siswa (68,42%) pada saat ulangan harian II siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa (78,95%). Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kepenuhan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bakoba

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat ...